Ikan Goreng Sambal Dabu-Dabu

Sering bingung hari ini masak apa?
Saya akan share resep Ikan Goreng Sambal Dabu-Dabu , cara bikinnya gampang banget gaes
Saya sering masak ini kalau lagi malas masak atau kl kepengen praktis dan cepat



Bahan Ikan Goreng :

- 3 Ekor ikan kembung banjar ( boleh pake ikan lain, kalau saya lebih suka ikan lajang atau ikan nila )


Bumbu halus ikan ( blender )


- 1 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- 1 sdm ketumbar
- 3 bh bawang putih
- garam secukupnya
- 50-100 ml cuka makan
*kalau pakai air ikan jd lembab, gak garing


Atau kalau teman-teman kepengen praktis , ikannya boleh di peras pakai jeruk ikan dan garam atau boleh diremas asam jawa dan dikasih garam. silahkan dipilih mau dibumbuin pake cara yang mana, kalau saya biasanya cuma remas asam jawa dan gara,

Cara Membuat :


Cuci ikan lumuri dg perasan jeruk nipis, diamkan 10 menit lalu bilas. Lumuri ikan dg bumbu halus, diamkan beberapa jam agar meresap (biasanya saya semalaman) lalu goreng garing dg api sedang.

Bahan Sambal dabu-dabu :

- segenggam Cabe rawit hijau, rawit merah
- 5 Bawang merah

- 4 biji tomat ukuran sedang
- Jeruk ikan ( banyaknya tergantung selera masing2 )
- Garam secukupnya
- minyak goreng dipanaskan ( kalau saya biasanya pake minyak yg bekas goreng ikan , terasa lebih enak )


Cara Membuat :


Iris semua bahan ,taruh garam dan kucuri dengan perasan jeruk ikan lalu siram dengan minyak panas . Sajikan dengan cara menyiram sambal diatas ikan



Komentar